Contoh Soal dan Jawaban Saham Preferen dan Saham Biasa

Konten [Tampil]
Contoh soal dan jawaban saham preferen dan saham biasa menjadi salah satu jenis saham yang dimiliki perusahaan. Masing-masing jenis saham akan memberikan contoh soal dividen saham, contoh soal disagio saham dan contoh soal modal saham. Perbedaan saham preferen dan saham biasa terletak pada kemampuan mempengaruhi pengambilan keputusan diperusahaan.

Contoh soal dan jawaban saham preferen dan saham biasa memberikan informasi tentang nilai par saham yang diterbitkan dibursa efek indonesia. Agio saham dan disagio saham akan mencerminkan nilai lebih atas nilai par saham yang telah dibayarkan oleh pemegang saham.

Contoh soal saham preferen manajemen keuangan selalu ditanyakan dalam bentuk soal essay dan pilihan ganda saham biasa. Soal investasi dan jawabannya harus diketahui agar perusahaan mendapatkan keuntungan atas apa yang telah dikerjakannya ya.

Contoh Soal dan Jawaban Saham Preferen dan Saham Biasa

Perbedaan Saham Preferen dan Saham Biasa

Perbedaan saham preferen dan saham biasa terletak pada kemampuan mempengaruhi pengambilan keputusan di perusahaan. Saham preferen dimiliki oleh pendiri perusahaan sementara saham biasa dimiliki oleh investor yang membelinya di bursa efek indonesia selaku pasar modal.

Perbedaan saham preferen dan saham biasa terletak pada harga yang ditawarkan. Saham preferen tidak dijual di pasar modal layaknya seperti saham biasa yang bebas diperdagangkan dipasar modal.

Contoh Soal Saham Preferen dan Saham Biasa dan Jawaban

Contoh soal dan jawaban saham preferen dan saham biasa dapat terjadi pada perusahaan yang berbadan hukum perseroan terbatas (PT). Nilai buku per lembar saham sebagai alat pengukur terpenting dalam laporan keuangan terutama investor atau manajemen keuangan.

Contoh soal saham preferen dan saham biasa serta jawabannya akan memberikan informasi mengenai permodalan yang ada diperusahaan. Saham merupakan bentuk penyertaan modal bagi perserotan terbatas sehingga investor memiliki hak terhadap kebijakan perusahaan sesuai presentase saham yang dimilikinya.

PT Rafinternet menerbitkan saham biasa dengan nilai par sebesar Rp 600 dan nilai wajar Rp 1000 sebanyak 1000 lembar saham. Saham preferen yang diterbitkan memiliki nilai par sebesar Rp 900 dan nilai wajar sebesar  Rp 1.500 sebanyak 450 lembar saham preferen yang akan diperjualbelikan secara lump-sum sebesar Rp 20.000.000. 

Berdasarkan contoh soal saham biasa dan saham preferen tersebut, tentukan berapakah jumlah yang dialokasikan ke permodalan yang dimiliki perusahaan.

Jenis Saham Jumlah Saham Nilai Par Total Modal Persentase Alokasi
- Saham Biasa 1000  Rp  1.000  Rp  1.000.000 60%  Rp  11.940.299
- Saham Preferen 450  Rp  1.500  Rp     675.000 40%  Rp    8.059.701

Baca Juga: Contoh Soal Kasus Saham Treasury

Jurnal Penerbitan Saham Preferen dan Saham Biasa

Jurnal penerbitan saham preferen dan saham biasa yang harus dibuat oleh pihak akuntan berdasarkan pengertian saham preferen dan saham biasa adalah sebagai berikut ini.

TanggalKeterangan Debit Kredit 
31 Juli 2020Kas
   Saham Preferen
   Agio Saham Preferen
   Saham Biasa
   Agio Saham Biasa 
Rp 20.000.000





Rp 600.000
Rp 11.340.299
Rp 405.000
Rp 7.654.701

Demikianlah contoh soal dan jawaban saham preferen dan saham biasa semoga anda paham tentang contoh kasus dan pengertian saham treasury juga ya.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Saham Preferen dan Saham Biasa"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel