Contoh Soal PPh Pasal 4 Ayat 2 Atas Hadiah Undian

Konten [Tampil]
Contoh soal pph pasal 4 ayat 2 atas hadiah undian merupakan salah satu kewajiban subyek pajak untuk dipotong penghasilannya karena mendapatkan manfaat ekonomis di masa depan. Perhitungan pph pasal 4 ayat 2 hadiah undian memanglah harus dibuat bukti potong yang harus dilaporkan paling lambat 10 hari bulan berikutnya.

Contoh perhitungan pph pasal 4 ayat 2 atas hadiah undian perlu ditentukan klasifikasi apakah itu hadiah undian terlebih dahulu. Hadiah undian adalah hadiah yang dimenangkan oleh seseorang tanpa harus mengorbankan sesuatu seperti seseorang yang mendapatkan mobil lewat undian bank bni ya.

Tarif pph pasal 4 ayat 2 atas hadiah undian adalah 25 persen dari jumlah bruto hadiah yang diberikan. Sebuah perusahaan berhak mendapatkan kompensasi kerugian fiskal selama 5 tahun terakhir dan penghasilan final tidak boleh digabungkan atas penghasilan lainnya.

Jurnal pph pasal 4 ayat 2 atas hadiah undian memanglah harus dibuat sesuai dengan tanggal transaksi yang dilakukan. Contoh soal pph pasal 4 ayat 2 atas hadiah undian memanglah harus memenuhi beberapa klasifikasi agar tidak dianggap menghindari adanya pajak.

Contoh Soal PPh Pasal 4 Ayat 2 Atas Hadiah Undian

Apa itu Hadiah Undian, Mengapa Hadiah Undian Dikenakan Pajak Penghasilan Pasal 4 Ayat 2

Hadiah undian yang dimaksud dalam pph pasal 4 ayat 2 adalah hadiah pasif yang diterima oleh wajib pajak dimana wajib pajak tidak mengeluarkan biaya untuk mendapatkan hadiah tersebut. Contoh hadiah undian adalah seseorang yang memenangkan kuis berhadiah yang diselenggaraan.

Mengapa hadiah undian dikenakan pajak penghasilan pasal 4 ayat 2 karena adanya kenaikan manfaat yang diterima oleh wajib pajak yang dapat digunakan untuk konsumsi dan diperoleh di Indonesia ya. 

Tarif Pph Pasal 4 Ayat 2 atas Hadiah Undian

Tarif pph pasal 4 ayat 2 atas hadiah undian yang berlaku adalah 25% dari jumlah tambahan manfaat ekonomis yang diterima oleh wajib pajak sebagai penambah kekayaan yang dimilikinya. Hadiah undian dapat langsung dipotong sebelum hadiah undian diberikan kepada orang yang memenangkan hadiah tersebut.

Tarif pph pasal 4 ayat 2 atas hadiah undian harus dipatuhi karena dapat dibuatkan bukti potong yang diberikan kepada subyek pajak. Perlu diingat, pph pasal 4 ayat 2 bersifat final sehingga tidak dapat dipergunakan untuk koreksi fiskal positif atau koreksi fiskal negatif ya.

Contoh Soal Pph Pasal 4 Ayat 2 atas Hadiah Undian

Contoh soal pph pasal 4 ayat 2 atas hadiah undian dapat terjadi pada orang pribadi atau badan yang memperoleh hadiah karena keikutsertaannya secara pasif terhadap sebuah event.

Contoh soal pph pasal 4 ayat 2 atas hadiah undian terjadi pada Masraffi yang memperoleh mobil sebagai hadiah gebyar untung bca sebesar Rp 150.000.000. Pihak bank meminta kepada masraffi untuk membayar pajak pph pasal 4 ayat 2 sebelum hadiah diambil. Berapakah pph terutang atas pph pasal 4 ayat 2 yang harus dipotong perusahaan?

Contoh Perhitungan Pph Pasal 4 Ayat 2 atas Hadiah Undian

Perhitungan pph pasal 4 ayat 2 atas hadiah undiah harus disesuaikan dengan tarif yang berlaku yakni 25% dari hadiah tersebut. Berdasarkan contoh soal pajak penghasilan pph pasal 4 ayat 2 hadiah undian diatas, maka dapat dilakukan perhitungan sebagai berikut ini.

Rp 150.000.000 x 25% = Rp 37.500.000

Jurnal PPh Pasal 4 Ayat 2 atas Hadiah Undian

Jurnal pph pasal 4 ayat 2 atas hadiah undian dibedakan antara pihak yang menerima hadiah dan pihak yang memberikan hadiah. Jurnal pph adalah jurnal umum yang digunakan untuk mencatat transaksi yang berkaitan dengan pajak penghasilan.

Jurnal pph pasal 4 ayat 2 atas hadiah undian harus dibukukan sesegera dan dibuatkan bukti potong agar dapat dilaporkan ke direktorat jendral pajak ya. Adapun jurnal pajak penghasilan atas hadiah undian yang dibuat adalah sebagai berikut ini.

 Masraffi Bank
Mobil                          Rp 150.000.000
Beban Pajak 4 ayat 2  Rp   15.000.000
   Rekening BCA                               Rp 165.000.000
 Rekening BCA                                       Rp 165.000.000
    Utang Pajak 4 ayat 2 dibayar dimuka     Rp 15.0000.000
    Mobil                                                       Rp 150.000.000
Baca Juga: Contoh Perhitungan PPh Pasal 4 Ayat 2 atas Tanah dan Bangunan
Demikian contoh soal pph pasal 4 ayat 2 atas hadiah undian semoga anda paham dengan penjelasan saya ya.

0 Response to "Contoh Soal PPh Pasal 4 Ayat 2 Atas Hadiah Undian"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel