Contoh Soal Pelepasan Aset Tetap (Penjualan, Penghentian dan Pertukaran)

Konten [Tampil]
Contoh soal pelepasan aset tetap menjadi bagian dari transaksi yang tidak bisa dipisahkan di perusahaan. Pelepasan aset tetap dilakukan dengan langkah penjualan, penghentian dan pertukaran sesuai dengan nilai buku yang dimilikinya.

Contoh soal penjualan aktiva tetap, contoh soal pertukaran aset tetap dan contoh soal penghentian pemakaian aktiva tetap harus dilakukan perusahaan dengan menentukan nilai buku aset yang dilakukan pelepasan tersebut. Nilai buku adalah selisih antara biaya perolehan suatu aset tetap yang di akumulasi dengan depresiasi.

Jurnal penghapusan aktiva tetap, jurnal penjualan aset tetap dan jurnal pertukaran aset tetap harus dibuat perusahaan dengan mempertimbangkan nilai wajar dan nilai buku. Penjualan aktiva tetap dalam laporan arus kas disajikan sebagai arus kas investasi ya.

Contoh soal dan jawaban pelepasan aset tetap terjadi pada perusahaan yang mencatat depresiasi untuk masa sejak terakhir sampai adanya pertukaran, penjualan bahkan penghapusan aset tetap tersebut. Nilai buku akan dieliminasi dengan akumulasi depresasi dan mengurangkan biaya perolehan aset tetap.

Contoh Soal Pelepasan Aset Tetap (Penjualan, Penghentian dan Pertukaran)

Contoh Soal dan Jawaban Penjualan Aktiva Tetap

Contoh soal dan jawaban penjualan aktiva tetap akan membandingkan antara nilai buku aset dengan hasil penjualan yang diterima perusahaan. Apabila hasil penjualan lebih besar daripada nilai buku maka perusahaan mendapatkan laba penjualan aset tetap.

Contoh soal penjualan aktiva tetap sangatlah lazim dengan adanya laba dan rugi. Penjualan aset tetap akan mengalami kerugian apabila hasil penjualan lebih kecil daripada nilai buku tercatatnya. Jarang sekali terjadi persamaan antara harga jual dengan nilai buku.

Contoh soal penjualan aset tetap terjadi pada tanggal 31 juli 2020 dimana PT Masraffi menjual kendaraan senilai Rp 100.000.000. Kendaraan didapatkan dengan mengeluarkan biaya perolehan sebesar Rp 140.000.000 dan ppn 10% pada tanggal 31 januari 2020 dan disusutkan selama 10 tahun. Bagaimana cara menghitung penjualan aktiva tetap bersamaan dengan ppnnya.

Jurnal Penjualan Aktiva Tetap Menurut Pajak dengan PPN

Penjualan aktiva tetap menurut pajak harus ditentukan terlebih dahulu nilai buku. Nilai buku akan dibandingkan dengan hasil penjualan sehingga akan tercipta laba atau rugi penjualan aktiva tetap.


Harga Perolehan  Rp  140.000.000
Depresiasi  Rp       7.000.000
Nilai buku  Rp  133.000.000
Hasil Penjualan  Rp  100.000.000
Rugi Penjualan Aktiva Tetap  Rp  (33.000.000)

Jurnal penjualan aktiva tetap dengan ppn akan terjadi karena perusahaan diwajibkan memungut pajak pertambahan nilai setiap transaksi terjadi di perusahaan. Penjualan aktiva tetap dalam laporan arus kas disajikan dalam arus kas investasi. Adapun jurnal penjualan aset tetap yang harus dibuat yakni.


Keterangan  Debit   Kredit 
Kas  Rp  110.000.000
Akm Depresiasi  Rp       7.000.000
Rugi Penjualan Aktiva Tetap  Rp    33.000.000
   Kendaraan
 Rp  140.000.000
   PPN Keluar
 Rp    10.000.000  
Baca Juga: Materi Revaluasi Aset Tetap: Surplus Revaluasi, Aturan dan Cadangan Revaluasi Aset Tetap

Contoh Soal dan Jawaban Penghentian Pemakaian Aset Tetap

Contoh soal dan jawaban penghentian pemakaian aset tetap menjadi bagian dari pelepasan aktiva tetap yang dimiliki perusahaan. Apabila aset yang sudah didepresiasi penuh masih dapat digunakan maka tidak perlu menambah beban depresiasi lagi karena biaya perolehan tidak boleh lebih kecil daripada biaya depresiasi.

Contoh soal penghentian pemakaian aset tetap terjadi ketika perusahaan menggunakan aset tetap belum sampai masa penyusutan secara penuh. Perusahaan akan menderita kerugian apabila tidak menggunakan aset tetap yang dibelinya secara penuh selama masa depresiasi.

Contoh soal penghentian pemakaian aset tetap terjadi pada PT Masraffi yang menghentikan pemakaian kendaraan yang telah dibelinya senilai Rp 100.000.000 pada tanggal 31 januari. Penghentian pemakaian aktiva tetap terjadi pada tanggal 30 juli 2020. Bagaimana cara menghitung laba rugi penghapusan aset tetap tersebut.


Harga Perolehan  Rp  100.000.000
Depresiasi  Rp       5.000.000
Rugi Penghentian Aktiva Tetap  Rp    95.000.000

Jurnal Penghapusan Pemakaian Aset Tetap

Jurnal penghapusan pemakaian aset tetap haruslah dibuat ketika perusahaan memutuskan melepaskan aktiva tetap yang dimilikinya.

Adapun jurnal penghapusan aset tetap yang harus dibuat sebagai berikut ini


Keterangan  Debit   Kredit 
Akm Depreasiai  Rp       5.000.000
Rugi penghapusan aset tetap  Rp    95.000.000
   Kendaraan
 Rp  100.000.000
Baca Juga: Contoh Soal Pembagian Laba Rugi Persekutuan Akuntansi Keuangan Lanjutan

Contoh Soal dan Jawaban Pertukaran Aset Tetap

Contoh soal dan jawaban pertukaran aset tetap menjadi salah satu transaksi yang sering terjadi terhadap aset tetap. Pertukaran aset tetap terdiri dari pertukaran aset tetap yang memiliki subtansi komersial dan tidak memiliki substansi komersial.

Contoh soal pertukaran aset tetap substansi komersial terjadi pada tanah karena tanah memiliki tingkat keuntungan yang semakin naik disetiap tahunnya. Pelepasan aset tetap karena pertukaran sering dilakukan perusahaan untuk menaikkan kualitas dari alat yang dibelinya.

Contoh soal pertukaran aktiva tetap terjadi pada PT masraffi yang menukarkan kendaraannya dengan mesin produksi senilai Rp 50.000.000. Informasi kendaraan sesuai dengan keadaan contoh soal pelepasan aset tetap tersebut. Bagaimana cara menghitung nilai tukar aset tetap tersebut?


Harga Perolehan  Rp  100.000.000
Depresiasi  Rp       5.000.000
Nilai buku  Rp    95.000.000
Harga Tukar Mesin  Rp    50.000.000
Rugi Penjualan Aktiva Tetap  Rp  (45.000.000)
Baca Juga: Bagaimana Pengakuan Aset Tetap dalam Laporan Arus Kas dan Neraca?
Demikianlah Contoh Soal Pelepasan Aset Tetap (Penjualan, Penghentian dan Pertukaran) semoga anda paham dengan penjelasan saya ya.

0 Response to "Contoh Soal Pelepasan Aset Tetap (Penjualan, Penghentian dan Pertukaran)"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel