Contoh Soal dan Metode Penghapusan Piutang Tak Tertagih

Konten [Tampil]
Contoh soal penghapusan piutang metode penyisihan menjadi salah satu metode yang sering digunakan. Perusahaan dapat memilih metode penghapusan piutang secara langsung atau cadangan kerugian piutang ya.

Contoh soal penghapusan piutang metode penyisihan seharusnya dapat dilakukan dengan membuat analisa umur piutang tak tertagih. Contoh soal cadangan kerugian piutang didasarkan pada taksiran piutang yang tidak tertagih dari debitur ya.

Contoh soal piutang dagang pengantar akuntansi 2 terdiri dari metode penghapusan piutang tak tertagih metode langsung dan tidak langsung dapat dipilih perusahaan agar dapat menentukan taksiran kerugian piutang. Kejadian penghapusan piutang dituangkan dalam dokumen memo internal perusahaan ya.

Apakah dasar dari perhitungan kerugian piutang adalah penjualan bersih dan saldo piutang akhir masing-masing debitur. Kejadian penghapusan piutang dituangkan dalam dokumen internal perusahaan seperti memo dan catatan rapat direksi.

Contoh soal pengakuan dan pengukuran piutang dagang dimana ketika perusahaan mengakui adanya pendapatan maka disitulah piutang akan dicatat. PSAK 55 tentang piutang dagang menjelaskan bahwa nilai piutang dagang diukur berdasarkan nilai wajar atau nilai pertukaran pada saat transaksi.

Metode Penghapusan Piutang Tak Tertagih Metode Langsung dan Metode Tidak Langsung

Metode penghapusan piutang tak tertagih yakni metode langsung dan metode tidak langsung tergantung kepada kebijakan perusahaan dalam menggunakannya. Ada beberapa hal yang menyebabkan penurunan nilai piutang dagang yakni.
  1. Piutang tidak dapat dilunasi secara tepat waktu
  2. Bunga dan pokok hutang tertunda pembayarannya di beberapa kali termin
  3. Debitur dikatakan bangkrut oleh pengadilan
  4. Kondisi ekonomi yang semakin memburuk dari debitur.
Kejadian penghapusan piutang dicatat dalam dokumen internal perusahaan seperti memo perusahaan dan catatan rapat direksi. Dalam metode pencadangan ifrs mensyaratkan metode langsung karena perusahaan tidak perlu melakukan cadangan kerugian piutang setiap periodenya.
Baca Juga: Contoh Soal Pelepasan Aset Tetap (Penjualan, Penghentian dan Pertukaran)

Contoh Soal Kartu Piutang dan Pembahasannya

Contoh soal kartu piutang dan pembahasannya akan berkaitan dengan taksiran umur piutang tak tertagih. Taksiran umur piutang tak tertagih adalah perkiraan jumlah piutang dagang yang tidak mampu diperoleh perusahaan pada akhir periode penagihan tersebut.

Jurnal penghapusan piutang bergantung kepada metode penghapusan piutang yang digunakan. Metode penghapusan piutang terdiri dari metode cadangan dan metode penghapusan langsung. Jumlah kerugian piutang diukur berdasarkan selisih nilai tercatat piutang dengan nilai kini estimasi masa depan.

Contoh soal kartu piutang dan pembahasannya dimana apabila perusahaan mengakui adanya kerugian maka harus diakui dalam laporan laba rugi. Piutang yang tidak mungkin dibayar karena kegiatan operasional perusahaan terhenti dan dinyatakan pailit maka harus dilakukan penghapusan piutang secara menyeluruh ya.

Contoh Soal Taksiran Kerugian Piutang dan Cadangan Kerugian Piutang

Contoh soal taksiran kerugian piutang pada dasarnya perusahaan juga harus menghitung cadangan kerugian piutang yang diakui pada akhir periode tersebut. Kerugian piutang akan dicatat perusahaan langsung ketika yakin bahwa debitur tertentu tidak dapat melaksanakan kewajiban pembayaran piutang.

Contoh soal taksiran kerugian piutang akan muncul ketika perusahaan yakin debitur tidak dapat ditagih lagi karena adanya informasi bahwa debitur dinyatakan bangkrut oleh pengadilan atau penagihan yang dilaksanakan secara berulang akan tetapi tidak dibayarkan oleh debitur tersebut.

Contoh soal cadangan kerugian piutang terjadi setelah perusahaan melaksanakan penjualan secara kredit. Dalam metode pencadangan ifrs mensyaratkan metode langsung karena akun kerugian piutang yang terlalu sedikit mengindikasikan bahwa perusahaan berhasil menerapkan aturan kredit secara ketat.
Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Penurunan Nilai Aktiva Tetap Berwujud dan Aset Tak Berwujud

Makalah Menganalisis Metode Langsung dan Metode Cadangan untuk Piutang Tak Tertagih

Makalah menganalisis metode langsung dan metode cadangan untuk piutang tak tertagih biasanya akan memberikan contoh soal penghapusan piutang dagang. Penurunan nilai piutang akan terjadi setiap saat setelah adanya penjualan secara kredit.

Nah makalah menganalisis metode langsung dan metode cadangan untuk piutang tak tertagih menjadi kejadian yang biasa muncul dan dianggap normal karena adanya kerugian piutang menjadi resiko yang sudah layak bagi perusahaan yang melakukan penjualan kredit.

Makalah metode langsung dan metode cadangan untuk piutang tak tertagih menjadi kejadian penghapusan piutang dituangkan dalam dokumen internal perusahaan dan dasar bagi auditor dalam menentukan materialitas penurunan nilai piutang tersebut.

Contoh Soal Penghapusan Piutang Tak Tertagih dan Penurunan Nilai Piutang

Contoh soal penurunan nilai piutang pada dasarnya akan terjadi ketika perusahaan memutuskan melakukan penjualan secara kredit. Penjualan kredit akan meningkatkan pendapatan dari perusahaan pada periode tersebut dengan resiko adanya kemungkinan tidak tertagihnya piutang tersebut.

Contoh soal penghapusan piutang tak tertagih terjadi pada PT Masraffi yang mempunyai piutang terhadap PT Rafinternet sebesar Rp 600.000.000. Piutang terjadi pada tanggal 1 januari 2020. Pada 30 september 2020, PT masraffi mendapatkan informasi bahwa debitur dinyatakan bangkut oleh pengadilan sehingga perusahaan harus menurunkan nilai dari piutang tersebut.

Cara Menghitung Saldo Piutang Tak Tertagih

Cara menghitung saldo piutang tak tertagih dilakukan karena debitur tidak mampu lagi melakukan pelunasan hutang sehingga akan muncul kerugian piutang tak tertagih. Penurunan nilai piutang tak tertagih akan diturunkan nilainya menjadi nol dan akan buatkan jurnal penghapusan piutang tak tertagih ya.
Baca Juga: Materi Revaluasi Aset Tetap: Surplus Revaluasi, Aturan dan Cadangan Revaluasi Aset Tetap

Jurnal Penghapusan Piutang Tak Tertagih Metode Langsung dan Metode Cadangan

Jurnal penghapusan piutang tak tertagih berdasarkan contoh soal penurunan nilai piutang harus dibuat dua kali yakni jurnal untuk membuat pencadangan kerugian piutang dan jurnal penghapus piutang.

Jurnal pencadangan kerugian piutang yang dibuat pada tanggal 30 september 2020 adalah


Keterangan  Debit   Kredit 
Beban Kerugian Piutang  Rp  600.000.000  
   Cadangan Kerugian Piutang    Rp  600.000.000

Jurnal penghapusan piutang tak tertagih metode pencadangan dan metode penghapusan langsung sebagai berikut ini


Keterangan  Debit   Kredit 
Cadangan Kerugian Piutang  Rp  600.000.000  
   Piutang Dagang    Rp  600.000.000
Baca Juga: Contoh Soal Pertukaran dan Pelepasan Aktiva Tetap Beserta Jurnal Umum
Demikianlah contoh soal dan metode penghapusan piutang tak tertagih semoga anda paham dengan penjelasan saya ya.

0 Response to "Contoh Soal dan Metode Penghapusan Piutang Tak Tertagih"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel