Contoh Soal dan Jawaban Materi Joint Venture

Konten [Tampil]
Contoh soal dan jawaban materi join venture seharusnya menjadi bagian dari pertanyaan diskusi dan pilihan ganda mengenai sebuah kasus dalam akuntansi keuangan lanjutan. Perbedaan joint venture dengan persekutuan hanya terdapat pada waktu kerja sama dalam jangka pendek saja.

Nah contoh soal joint venture metode tidak terpisah dan metode terpisah menjadi pertanyaan diskusi yang menarik untuk dibahas. Jelaskan metode pembukuan terpisah dan tidak terpisah dalam usaha joint venture tergantung kepada ada tidaknya ketua didalam perjanjian tersebut.

Pertanyaan diskusi tentang materi joint venture biasanya akan berisikan informasi mengenai kasus yang harus dikerjakan berdasarkan metode terpisah dan tidak terpisah. Ppt joint venture akuntansi keuangan lanjutan menjadi tambahan ilmu yang berasal dari buku agar dapat memahami mekanisme pencatatannya.

Contoh laporan keuangan joint venture harus dibuat untuk melaporkan penggunaan dana dalam kerja sama tersebut. Pertanyaan diskusi tentang joint venture yang menarik yakni perlu tidak adanya managing partner untuk menjadi ketua dalam kerja sama tersebut.

Contoh Soal dan Jawaban Materi Joint Venture

Contoh Soal dan Jawaban Materi Joint Venture

Pertanyaan Diskusi tentang Materi Joint Venture

Pertanyaan diskusi tentang materi joint venture perlu diberikan untuk membantu dalam memberikan informasi mengenai perjanjian yang mengatur tentang lamanya kerja sama ataupun pembagian laba rugi kerja sama tersebut. Contoh laporan keuangan join venture harus dibuat sesuai dengan format ifrs ya.

Pertanyaan tentang materi join venture hanya berkisar mengenai mekanisme pencatatan transaksi, pembagian laba rugi bahkan bagaimana cara mengalokasikan dana ketika joint venture belum selesai pada akhir periode.

Materi joint venture sangatlah menarik karena memiliki unsur yang berbeda jika dibandingkan dengan persekutuan. Perbedaan antara persekutuan dengan joint venture terletak pada umur joint venture yang pendek dan berakhir pada waktu pembagian laba rugi.
Baca Juga: Pengertian dan Karakteristik Persekutuan Firma (General Partnership)

Contoh Soal Kasus Joint Venture dan Jawaban Metode Terpisah dan Tidak Terpisah

Contoh soal kasus joint venture dan jawaban metode terpisah dan tidak terpisah akan bergantung kepada perjanjian awal kerja sama dilakukan. Kasus joint venture lengkap akan dibahas pada PT Rafinternet bekerja sama dengan PT Masraffi dan PT Kakraffi untuk memproduksi sepatu pada event hari raya. Masing-asing sekutu menyetorkan modal sebanyak Rp 20.000.000, Rp 25.000.000 dan Rp 15.000.000 dengan cara pembagian laba rugi sebagai berikut ini

Soal dan jawaban materi joint venture dapat dikerjakan dengan pembagian laba rugi yang diketahui PT Masraffi sebagai managing partner akan mendapatkan bonus 25% dari laba yang diperoleh dan sisanya akan dibagikan dengan rasio 2:1:2, Berikut adalah transaksi yang terjadi.

a. Joint venture melakukan pembayaran biaya promosi dan tempat senilai Rp 1.000.000
b. Joint venture membeli barang dagangan senilai Rp 15.000.000
c. Joint venture membayar biaya macam-macam senilai Rp 5.000.000
d. Joint venture dapat menjual seluruh barang dagangn dengan nilai Rp 37.000.000 secara tunai
e. Laba dan rugi dibagikan ke masing-masing modal sekutu
f. Pembagian kas hasil joint venture

Baca Juga: Contoh Soal Sistem Perhitungan Biaya dan Akumulasi Biaya

Jelaskan Metode Pembukuan Terpisah dan Tidak Terpisah dalam Joint Venture

Berdasarkan pertanyaan diskusi tentang joint venture maka dapat dilakukan pencatatan dengan metode terpisah dikarenakan PT Masraffi sebagai managing partner. Maka transaksi yang harus dicatat berdasarkan contoh soal join venture yakni

Baca Juga: Contoh Soal Laporan Biaya Produksi Metode FIFO / MPKP
Demikianlah Contoh Soal dan Jawaban Materi Joint Venture semoga anda paham dengan penjelasan saya ya.

1 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Materi Joint Venture"

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel