Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan [Update Terbaru]

Konten [Tampil]
Karakteristik kualitatif laporan keuangan akan memberikan informasi tambahan mengenai kekhasan laporan keuangan bagi pengguna terutama pemakai laporan keuangan.

Karakteristik kualitatif laporan keuangan syariah yang telah ditetapkan menurut IAI dan IFRS akan memiliki sesuatu hal yang tidak berbeda dengan yang konvensional. Aturan yang terbaru menurut PP no. 71 tahun 2010 akan berguna dalam pengembangan PSAK pada umumnya.

Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan [Update Terbaru]

Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan [Update Terbaru]

Apa itu Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan?

Karakteristik kualitatif laporan keuangan adalah sebuah ciri yang dimiliki laporan keuangan mengenai kualitas dari informasi yang diberikannya. Tujuan laporan keuangan harus dipenuhi sesuai dengan karakteristik kualitatif agar sesuai dengan standar yang ditetapkan iai dan ifrs.

Karakteristik kualitatif laporan keuangan terdiri dari 4 buah karakteristik yang harus dipenuhi disetiap laporan keuangan yang terbentuk sehingga akan mampu memenuhi kebutuhan penggunanya ya.

Karakteristik Kualitatif Fundamental Laporan Keuangan

Karakteristik kualitatif fundamental laporan keuangan menurut iai dan ifrs terdiri dari empat karakteristik yakni dapat dipahami, relevan, keandalan dan dapat dibandingkan.

Dapat Dipahami

Kualitas informasi laporan keuangan yang terpenting adalah dapat dipahami oleh pemakai laporan keuangan dengan segera. Seluruh pemakai laporan keuangan dianggap telah memiliki kemampuan dalam analisis ekonomi dan bisnis serta kemauan untuk mempelajari informasi baru.

Dapat dipahami dalam akuntansi informasi kompleks dalam laporan keuangan harus diberikan kepada pengguna dengan informasi yang tidak sulit untuk dipahami ya.

Mengapa dalam laporan keuangan dibutuhkan informasi yang dapat dipahami dikarenakan sebagai seorang pemakai diharuskan dapat memahami laporan keuangan untuk membuat keputusan taktis ya.

Relevan

Informasi harus relevan artinya informasi harus memenuhi kebutuhan pemakai untuk mengevaluasi peristiwa masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang dalam pengambilan keputusan ekonomi bagi pemakai laporan keuangan.

Relevan dalam akuntansi artinya berkaitan dengan transaksi masa lalu, masa sekarang dan masa depan sehingga informasi dapat dipergunakan dalam rangka memprediksi dan penegasan informasi.

Informasi harus dapat digunakan untuk meramal sehingga dapat menarik perhatian calon pemakai terutama dalam pembayaran deviden.

Relevansi informasi berkaitan dengan hakekat dan materialitas. Hakekat artinya harus dapat mempengaruhi penilaian terhadap risiko dan peluangan yang dihadapi oleh perusahaan. Sedangkan, materialitas berkaitan dengan keputusan yang diambil berdasarkan risiko yang didapatkan dalam laporan keuangan.

Keandalan

Informasi harus memiliki keandalan artinya informasi yang dimiliki tidak menyesatkan dan memiliki kesalahan material sehingga harus disajikan tulus dan jujur dari yang seharusya disajikan secara wajar.

Informasi yang tidak memiliki keandalan maka akan dapat menyesatkan pengguna laporan keuangan seperti kemungkinan andanya tuntutan dari adanya tindakan hukum yang masih dipersengkatan ya.

Informasi yang andal harus memuat karakteristik kualitatif yakni penyajian jujur, substansi mengungguli bentuk, netralitas, pertimbangan yang sehat dan kelengkapan.

Dapat Dibandingkan

Informasi harus dapat dibandingkan artinya informasi dapat dibandingkan antara satu periode dengan periode lainnya baik itu laporan posisi keuangan, laporan laba rugi atau laporan perubahan modal.

Implikasi dari karakteristik laporan keuangan dapat dibandingkan adalah pemakai mendapatkan informasi mengenai kebijakan akuntansi yang digunakan dalam rangkan penyusunan laporan keuangan dan perubahan kebijakan tersebut.

Demikianlah Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan [Update Terbaru] semoga anda paham ya.

0 Response to "Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan [Update Terbaru]"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel