Cara Input Saldo Awal Akumulasi Penyusutan Aset Tetap di Accurate Online

Konten [Tampil]

Cara input saldo awal akumulasi penyusutan aset tetap di accurate online merupakan dasar awal bagi perusahaan dalam menentukan biaya depresiasi yang sudah dikenakan per periodenya. Beban depresiasi termasuk akun nominal. Akumulasi depresiasi termasuk akun riil yang dibawa ke periode selanjutnya dalam proses akuntansi.

Bagaimana cara input saldo awal akumulasi penyusuta aktiva tetap di accurate online disesuaikan dengan perkembangan sistem informasi akuntansi. Perusahaan mengharapkan adanya koreksi fiskal sebelum melaporkan aspek perpajakannya menyesuaikan instruksi pemerintah dan kantor pelayanan pajak pratama setempat.

Menu dalam accurate jika ingin ke persiapan singkat adalah setup. Membuat daftar aktiva tetap di accurate dengan cara melihat laporan yang dihasilkan. Pengambilan keputusan investasi harus dijalankan menyesuaikan instruksi dari pemegang saham agar dapat mengalokasikan waktu sesuai dengan rencana bisnis.

Cara Input Saldo Awal Akumulasi Penyusutan Aset Tetap di Accurate Online

Apa itu Akumulasi Penyusutan Aset Tetap

Akumulasi penyusutan aset tetap adalah akun yang digunakan perusahaan untuk mencatat beban depresiasi yang sudah pernah digunakan selama aset menjalankan tugasnya. Akumulasi bertujuan membentuk akun kontra dari akun aktiva agar dapat mengetahui nilai buku dari aset sesuai dengan periodenya.

Cara input saldo awal akumulasi penyusutan aktiva tetap di accurate online sangatlah berdampak pada neraca saldo awal yang dibentuk. Laporan posisi keuangan pada awal periode harus ditetapkan agar selama menjalankan kegiatan produksi dan operasional mampu menghasilkan informasi sesuai dengan kekayaannya.

Metode apa yang tarif penyusutannya 2 kali besarnya tarif penyusutan metode garis lurus adalah metode saldo menurun berganda. Kategori aset tetap pajak harus ditetapkan agar entitas dipermudah sewaktu menyelenggarakan pembukuan sesuai dengan realisasi aset selama perkembangan bisnisnya.

Baca Juga: Macam-Macam Metode Penyusutan Aset Tetap

Apa itu Beban Depresiasi Aktiva Tetap

Beban depresiasi aktiva tetap adalah proses perusahaan mengalokasikan biaya perolehan aset selama umur manfaat agar mendatangkan keuntungan. Jika pembelian aset tetap langsung dibebankan ke biaya operasional maka entitas tidak mendapatkan keuntungan sebab nilai pembelian sangatlah besar.

Cara input saldo awal akumulasi penyusutan aset tetap di accurate online harus disesuaikan dengan sistem perhitungan nilai buku. Nilai buku adalah harga aset yang telah dipakai dan digunakannya. Nilai buku berperan sewaktu entitas melaksanakan revaluasi aset ataupun penghentian pemakaian aktiva tetap.

Beban depresiasi aktiva tetap masuk ke akun biaya operasional atau akun harga pokok produksi. Jika berhubungan dengan mesin produksi maka biaya penyusutan dapat menambah harga pokok barang. Jika berhubungan dengan kegiatan administrasi kantor ataupun pemasaran maka dapat masuk ke akun biaya operasional.

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Aktiva Tetap

Perbedaan Akun Rill dan Akun Nominal

Perbedaan akun riil dan akun nominal terletak pada proses penyusutan laporan posisi keuangan dan laba rugi. Laba ditahan merupakan hak dari pemilik usaha dan dapat dibagikan dalam bentuk dividen. Dividen merupakan objek pajak penghasilan yang perlu dilakukan pemungutan sewaktu entitas bekerja.

Bagaimana accurate menghitung beban penyusutan dan akumulasi depresiasi aset tetap dalam satu periode disesuaikan dengan tanggal beli dan tanggal pakai aset. Jika tanggal beli berasal dari tanggal 1-15 maka akan diakui dibulan berjalan. Jika tanggal beli berasal dari tanggal 16-30 maka diakui pada bulan berikutnya.

Cara input saldo awal akumulasi penyusutan aset tetap di accurate online bertujuan agar seluruh aset dapat diperhitungkan manfaat dari sistem. Pada menu daftar akun opening balance equity diisi dengan saldo awal atau setoran awal para pemilik usaha dan jika berganti sistem maka diinput modal dari para pemiliknya.

Baca Juga: Perbedaan Penyusutan Akuntansi dan Perpajakan

Cara Input Saldo Awal Akumulasi Penyusutan Aset di Accurate Online

Cara input saldo awal akumulasi penyusutan aset di accurate online seharusnya dikerjakan oleh staff keuangan. Accurate adalah software akuntansi yang dibuat dari negara indonesia. Depresiasi aktiva tetap dalam accurate biasanya menggunakan metode garis lurus atau metode saldo menurun berganda.

Eksistensi file dari program software komputer akuntansi accurate adalah gdb. Untuk mengimpor data pemasok dan pelanggan entitas dapat memasukkan data terlebih dahulu pada microsoft excel. Software akuntansi dapat dirancang sendiri sesuai dengan informasi yang ingin didapatkan oleh pemegang sahamnya.

Bagaimana langkah-langkah memasukkan mencatat penyusutan aktiva tetap disesuaikan dengan jenis asetnya. Koreksi fiskal merupakan tindakan perusahaan menyesuaikan perhitungan laba rugi yang didasarkan pada perpajakan dan akuntansi untuk menghindari kondisi keuangan yang kurang menguntungkan.

Adapun cara input saldo awal akumulasi penyusutan aset di accurate online adalah

  1. Pilih menu perusahaan > Proses Akhir Bulan
  2. Cara Input Saldo Awal Akumulasi Penyusutan Aset Tetap di Accurate Online
  3. Pilih bulan yang telah berakhir dan tahun fiskalnya. Dilanjutkan dengan menyimpan transaksi
  4. Cara Input Saldo Awal Akumulasi Penyusutan Aset Tetap di Accurate Online
  5. Maka data penyusutan dan perhitungan selisih kurs akan muncul.
  6. Cara Input Saldo Awal Akumulasi Penyusutan Aset Tetap di Accurate Online
  7. Untuk melihat akumulasi depresiasi aset dapat masuk ke menu laporan > Daftar Laporan
  8. Cara Input Saldo Awal Akumulasi Penyusutan Aset Tetap di Accurate Online
  9. Pilih fitur keuangan dan submenu neraca
  10. Cara Input Saldo Awal Akumulasi Penyusutan Aset Tetap di Accurate Online
  11. Pilih tanggal akhir laporan keuangan dan klik tampilkan
  12. Cara Input Saldo Awal Akumulasi Penyusutan Aset Tetap di Accurate Online
  13. Maka nilai penyusutan akan muncul dalam laporan posisi keuangan
  14. Cara Input Saldo Awal Akumulasi Penyusutan Aset Tetap di Accurate Online

Baca Juga: Cara Membuat Daftar Aktiva Tetap di Accurate Online

Demikian cara input saldo awal akumulasi penyusutan aset tetap di accurate online sesuai dengan materi komputer akuntansi. Langkah-langkah import daftar aktiva tetap diperlukan agar entitas tidak perlu mencatat satu per satu aset sehingga mempercepat proses pembentukan database accurate yang baru.


0 Response to "Cara Input Saldo Awal Akumulasi Penyusutan Aset Tetap di Accurate Online"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel