Contoh Laporan Rekonsiliasi Pendapatan dan Bagi Hasil Bank Syariah

Konten [Tampil]

Contoh laporan rekonsiliasi pendapatan dan bagi hasil bank syariah merupakan pedoman bagi entitas dalam rangka menyelenggarakan kegiatan perpajakan dan investasi. Modal disetor, tambahan modal disetor dan penghasilan komprehensif adalah bagian dari laporan perubahan ekuitas pemegang saham.

Laporan sumber dan penyaluran dana zakat harus disegerakan agar masyarakat mengetahui aliran informasi keuangannya. Laporan yang berisi informasi tentang penerimaan dan penyaluran dana non halal harus dicatat pada catatan atas laporan posisi keuangan untuk setiap informasi yang dimiliki oleh bank syariah.

Laporan sumber dan penggunaan dana kebajikan berasal dari sumbangan pada donatur termasuk informasi perhal infak dan shadaqoh. Saldo dana kebajikan adalah arus kas yang belum disalurkan kepada nasabah pada tanggal  tertentu. Dana kebajikan berasal dari kegiatan bank syariah meminta sumbangan dari para donaturnya.

Contoh Laporan Rekonsiliasi Pendapatan dan Bagi Hasil Bank Syariah

Laporan Rekonsiliasi Pendapatan dan Bagi Hasil Bank Syariah

Laporan rekonsiliasi pendapatan dan bagi hasil bank syariah harus dijalankan menyesuaikan prinsip dasar akuntansi. Bank syariah harus mengetahui keseluruhan pendapatan yang diterima dengan pemakaian dasar akrual. Penyesuaian kekayaan perusahaan harus dijaga agar dapat menyeimbangkan tingkatan berbisnisnya.

Akun saldo deposito mudharabah pada laporan posisi keuangan terletak pada akun aktiva. Cara menghitung nisbah bagi hasil akad mudharabah disesuaikan dengan margin yang ditetapkan. Produk deposito di bank syariah menggunakan akad mudharabah bertujuan mendapatkan keuntungan tertentu.

Laporan rekonsiliasi pendapatan dan bagi hasil bank syariah berisikan informasi keuangan diantaranya

  1. Pendapatan pengelolaan arus dana nasabah sebagai mudharib
  2. Penyesuaian kas yang belum diterima
  3. Pendapatan tersedia untuk kegiatan bagi hasil

Pertimbangan menyeluruh wajib diselenggarakan oleh bank syariah agar dapat menyusun dan menyajian laporan keuangan. Pertimbangan menyeluruh diantaranya penyajan wajar, kebijakan akuntansi, prinsip going concern, dasar akrual, materialitas dan prinsip saling hapus informasi keuangan.

Baca Juga: Bagaimana Pencatatan Deposito di Laporan Keuangan Bank Syariah

Laporan Sumber dan Penggunaan Dana Kebajikan Beserta Penyaluran Dana Zakat

Laporan sumber dan penggunaan dana kebajikan harus disesuaikan dengan instruksi dari pemegang saham. Pengukuran dalam akuntansi keuangan adalah prosedur perusahaan menetapkan jumlah uang yang diakui dan dicatat dalam bukti transaksi. Pengukuran unsur laporan keuangan menggunakan dasar biaya historis, biaya kini dan nilai realisasi netto.

Contoh laporan rekonsiliasi pendapatan dan bagi hasil bank syariah wajib dijalankan agar kegiatan perpajakan berlangsung dengan baik. Kerangka dasar penyusunan dan penyajian laporan keuangan syariah harus mempertimbangkan adanya konsekuensi informasi perpajakan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Laporan sumber dan penyaluran dana zakat bertujuan agar badan amil zakat dapat mendistribusikan zakat kepada pihak yang berhak menerima. Pembayaran zakat diselenggarakan apabila nisab, haul dan syarat terpenuhi. Saldo dana zakat adalah arus kas zakat yang diterima dari muzakki tetapi belum dibagikan.

Baca Juga: Perbedaan Laporan Keuangan Bank Syariah dengan Konvensional

Cara Menyusun Laporan Rekonsiliasi Pendapatan dan Bagi Hasil Bank Syariah

Cara menyusun laporan rekonsiliasi pendapatan dan bagi hasil bank syariah diperlukan sebagai upaya perusahaan mendistribusikan informasi keuangannya. Dana zakat berasal dari wajib zakat orang pribadi. Penggunaan dana zakat akan didistribusikan kepada fakir, miskin, riqab, muallaf, ibnu sabil amil zakat.

Contoh soal laporan rekonsiliasi pendapatan dan bagi hasil bank syariah terjadi ketika perusahaan menginginkan mendistribusikan informasi keuangan kepada para nasabahnya. Berikut data yang disajikan bank syariah berkenaan dengan penyusun laporan laba rugi diantaranya

NoPiutang1 Januari 20221 Januari 2023
1Margin murabahah32,00 Miliar15,00 Miliar
2Margin salam40,00 Miliar2,00 Miliar
3Margin istishna48,00 Miliar6,00 Miliar
4Pandapatan sewa71,00 Miliar64,00 Miliar
5Bagi hasil pembiayaan mudharabah9,00 Miliar5,00 Miliar
6Bagi hasil pembiayaan musyarakah63,00 Miliar50,00 Miliar

Tambahan piutang pendapatan tahun berjalan

Margin murabahah48,00 Miliar
Margin salam60,00 Miliar
Margin istishna72,00 Miliar
Pendapatan sewa106,50 Miliar
Bagi hasil pembiayaan mudharabah13,50 Miliar
Bagi hasil pembiayaan musyarakah94,50 Miliar

Susunlah laporan rekonsiliasi pendapatan dan bagi hasil bank syariah diakhir tahun, apabila pendapatan utama menurut accrual basis sebesar Rp 100 miliar.

Langkah-Langkah Menyusun Laporan Keuangan Bank Syariah

Modal disetor, tambahan modal disetor dan penghasilan komprehensif adalah bagian dari informasi keuangan perusahaan. Laporan perubahan dana investasi terikat diperuntukkan bagi investor yang mempunyai arus kas cukup agar dapat mendirikan perseroan dan persekutuan terbatas di periode berjalan.

Bank Syariah
Laporan Rekonsiliasi Pendapatan dan Bagi Hasil
Periode yang berakhir 1 januari 2023
Pendapatan usaha utama (akrual)100,00 Miliar
Pengurang
Pendapatan periode berjalan yang kas dan setara kas belum diterima
1. pendapatan margin murabaha48,00 Miliar
2. Pendapatan margin salam60,00 Miliar
3. Pendapatan istishna72,00 Miliar
4. Hak bagi hasil
- Pembiayaan mudharabah13,50 Miliar
- Pembiayaan musyarakah94,50 Miliar
5. Pendapatan sewa106,50 Miliar
Jumlah pengurang394,50 Miliar
Penambah
Pendapatan periode sebelumnya yang kasnya diterima
1. pendapatan margin murabaha65,00 Miliar
2. Pendapatan margin salam98,00 Miliar
3. Pendapatan istishna114,00 Miliar
4. Hak bagi hasil
- Pembiayaan mudharabah17,50 Miliar
- Pembiayaan musyarakah107,50 Miliar
5. Pendapatan sewa113,50 Miliar
Jumlah penambah515,50 Miliar
Pendapatan tersedia untuk bagi hasil221,00 Miliar

Baca Juga: Jenis-Jenis Laporan Keuangan Bank Syariah Menurut PSAK 101

Demikian contoh laporan rekonsiliasi pendapatan dan bagi hasil bank syariah dalam materi akuntansi syariah di indonesia. Contoh soal perhitungan pembiayaan mudharabah, musyarakah dan murabahah perlu mempertimbangkan besarnya nisbah yang dibagikan kepada para investor sesuai keperluannya.

0 Response to "Contoh Laporan Rekonsiliasi Pendapatan dan Bagi Hasil Bank Syariah"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel