Cara Membuat Fenomena dan Masalah Penelitian dari Data Sekunder

Konten [Tampil]

Cara membuat fenomena dan masalah penelitian dari data sekunder bertujuan memudahkan peneliti agar dapat melanjutkan proses pemilihan objek dan subyek penelitian. Kenapa peneliti membatasi ruang lingkup penelitian? dikarenakan peneliti tidak perlu memasukkan seluruh objek penelitian yang tidak berhubungan dari variabel dependen.

Bagaimana proses menemukan masalah penelitian yang baik? peneliti wajib melaksanakan penelitian sesuai judul yang disetujui oleh dosen pembimbing. Fenomena skripsi adalah peristiwa yang mengakibatkan adanya variabel dependen yang muncul ketika seseorang membuat karya tulis ilmiah.

Contoh fenomena skripsi manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajamen pemasaran, perpajakan dan akuntansi keuangan harus diawali dengan penggunaan data sekunder. Data sekunder adalah data yang didapatkan dari pihak ketiga tanpa melalui pertemuan langsung seperti dokumen.

Cara Membuat Fenomena dan Masalah Penelitian dari Data Sekunder

Perbedaan Data Primer dan Data Sekunder

Perbedaan data primer dan data sekunder terletak pada bagaimana metode perolehan informasi tersebut. Data primer bersumber dari pelaku utama yang mendasari aktivitas penelitian. Metode pemilihan sampel data primer dilaksanakan melalui wawancara, kuesioner bahkan interprestasi langsung di lapangan.

Bedanya data sekunder dan data primer terletak pada jenis informasi yang disampaikan peneliti. Cara membuat fenomena dan masalah penelitian dari data sekunder bertujuan agar peristiwa yang mengakibatkan timbulnya variabel dependen dapat dipertanggungjawabkan secara jelas dan akurat.

Perbedaan data primer dan data sekunder akan mengakibatkan perubahan penyusunan ruang lingkup penelitian. Peneliti harus membuat tujuan penelitian sejalan dengan grand theory yang dipergunakan ketika merumuskan hipotesisi sesuai dengan variabel dependen, independen dan moderasi yang digunakan.

Baca Juga: Perbedaan Staff Finance dan Staff Accounting

Bagaimana Proses Menemukan Fenomena Penelitian?

Bagaimana proses menemukan fenomena penelitian harus dilaksanakan sebelum peneliti mengambil variabel dependen. Variabel dependen adalah variabel yang dipengaruhi variabel lainnya baik melalui perantara atau dimoderasi. Keberadaan variabel dependen menjadi pelaku utama munculnya peristiwa penelitian.

Cara menemukan fenomena dalam penelitian kualitatif dan kuantitatif dilaksanakan dengan menggunakan kekayaan para peneliti. Penelitian kualitatif mengharuskan peneliti untuk mendapatkan informasi secara langsung dari pihak pertama melalui metode wawacara, kuesioner atau pengamatan secara langsung di lapangan.

Cara mencari masalah penelitian hendaknya dialokasikan secara wajar dalam laporan keuangan. Definisi operasional dan ruang lingkup penelitian harus disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Objek dan subyek perusahaan yang diteliti harus diperjelas dalam menentukan latar belakang penelitian.

Baca Juga: Cara Menggunakan Fitur SPSS untuk Olah Data Statistik

Cara Membuat Fenomena dan Masalah Penelitian dari Data Sekunder

Contoh fenomena skripsi dalam penelitian kuantitatif akan dibantu oleh keberadaan data sekunder. Data sekunder bertujuan agar peneliti mendapatkan kepastian tentang keakuratan informasi yang disampaikan. Data sekunder harus melalui pembuatan tabulasi data keuangan perusahaan sesuai rumus definisi operasional.

Cara membuat fenomena dan masalah penelitian dari data sekunder diawali dengan memilih jurnal penelitian yang lengkap. Jurnal internasional akan membantu peneliti untuk mencari dukungan tentang hipotesis yang dirumuskan sesuai grand theory dan middle theory dalam karya tulis ilmiah berupa skripsi dan proposal penelitian.

Langkah-langkah membuat fenomena dan masalah penelitian kuantitatif dan kualitatif perlu mempertimbangkan standar masing-masing variabel yang dipergunakan. Tujuan penelitian harus diungkapkan sebelum peneliti merumuskan hipotesis. Adapun cara membuat fenomena skripsi adalah

  1. Peneliti wajib mendapatkan jurnal internasional
  2. Bacalah bagian introduction terutama latar belakang penelitian
  3. Lakukan generalisasi informasi awal jurnal penelitian
  4. Dapatkan rumus variabel dependen
  5. Kerjakan rumus tersebut sesuai jenis perusahaan yang dipergunakan
  6. Pilihkan standar variabel yang digunakan

Baca Juga: Contoh Fenomena Skripsi Akuntansi dan Manajemen

Demikian cara membuat fenomena dan masalah penelitian dari data sekunder dan data primer dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. Setelah fenomena skripsi ditemukan, langkah selanjutnya peneliti dapat membuat hipotesis sesuai dengan grand theory dan middle theory yang dipergunakannya.

0 Response to "Cara Membuat Fenomena dan Masalah Penelitian dari Data Sekunder"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel