Cara Memasukkan Saldo Awal Aktiva Tetap dan Akumulasi Penyusutan di Accurate

Konten [Tampil]

Cara memasukkan saldo awal aktiva tetap dan akumulasi penyusutan di accurate menjadi awal dari adanya sistem pengendalian internal aset tetap. Contoh internal control aktiva tetap yang baik adalah adanya inventarisasi setiap akhir periode untuk menentukan riyawat keberadaan kekayaan yang telah dibeli.

Cara input saldo awal aset tetap di accurate online dan accurate dekstop menjadi bentuk mengetahui biaya penyusutan dan perolehan. Mengapa akumulasi penyusutan tidak muncul di laporan laba rugi dikarenakan adanya kesalahan dalam mencantumkan tahun penerbitan faktur pembelian dan pemakaian aset tetap.

Kapan penyusutan dimulai yaitu pada saat aktiva sudah siap dipergunakan. Aktiva tetap akan diakui ketika seluruh biaya pengeluarannya telah dijumlahkan seperti harga jual, suku cadang, biaya ongkos pengiriman. Pendapatan diakui ketika terdapat manfaat ekonomis yang masuk dari transaksi penjualan.

Penyusutan dan Amortisasi dalam Perpajakan

Saat dimulainya penyusutan atas aktiva atau harta berwujud dilakukan setelah dipergunakannya aset untuk pertama kali. Perbedaan penyusutan fiskal dan komersial terletak pada dasar dalam mencari umur manfaat. Depresiasi fiskal telah diatur dalam undang-undang perpajakan. Depresiasi komersial ditentukan berdasarkan kebijakan perusahaan.

Kapan dimulai penyusutan atas harga perolehan bangunan, gedung dan mesin dilakukan setelah aktiva siap dipergunakan. Tanggal pembelian bukan menjadi dasar untuk menentukan saat dimananya penyusutan dimulai. Lamanya penyusutan fiskal bergantung pada kategori aktiva dalam undang-undang.

Pengecualian dari ketentuan penyusutan fiskal hanya terjadi jika adanya depresiasi tidak dalam satu periode. Aset dalam pengerjaan dan aktiva tetap untuk kegiatan sewa guna usaha perlu dipertimbangkan sebagai persediaan barang dagang. Tanggal pemakaian adalah waktu perusahaan memakai aset tersebut.

Baca Juga: Cara Menginstall dan Download Aplikasi Accurate 5

Metode Penyusutan Aktiva Tetap pada Accurate

Metode penyusutan aktiva tetap pada accurate dapat disesuaikan berdasarkan usia manfaat yang akan digunakan perusahaan. Usia manfaat adalah jangka waktu estimasi sebuah aset dapat digunakan secara maksimal untuk kegiatan operasional atau sewa menyewa untuk memperoleh penghasilan kena pajak.

Penyusutan aktiva tetap pada accurate bisa menggunakan metode garis lurus, saldo menurun berganda, unit produksi bahkan angka tahun. Biaya penyusutan meliputi seluruh kekayaan yang telah dipergunakan perusahaan untuk membantu persiapan kegunaan selama estimasi penggunaannya.

Perhitungan penyusutan di accurate berdasarkan umur bulan yang telah dilalui. Mengapa akumulasi penyusutan tidak muncul di laporan laba rugi accurate dikarenakan proses penginputan transaksi selama periode berjalan belum selesai. Adapun cara inpu metode penyusutan sebagai berikut:

  • Pengguna dapat memilih menu tipe aktiva tetap pajak.
  • Cara Input Saldo Awal dan Pembelian Aktiva Tetap di Accurate Online
  • Metode penyusutan yang dipakai adalah metode depresiasi secara fiskal. Usia manfaat dan tarif penyusutan dapat disesuaikan aturan perpajakan.
  • Cara Input Saldo Awal dan Pembelian Aktiva Tetap di Accurate Online
  • Dilanjutkan dengan mengkategorikan aktiva tetap selama 4 tahun, 8 tahun, 16 tahun dan 20 tahun sesuai kategori dalam perpajakan.
  • Cara Input Saldo Awal dan Pembelian Aktiva Tetap di Accurate Online
  • Proses pengkategorian akan memaksimalkan biaya penyusutan yang harus ditanggung perusahaan.
  • Cara Input Saldo Awal dan Pembelian Aktiva Tetap di Accurate Online

    Baca Juga: Contoh Kasus Pembubaran Persekutuan dan Pembahasannya

    Cara Input Saldo Awal Aktiva Tetap di Accurate

    Cara input saldo awal aktiva tetap di accurate tentu mempertimbangkan nilai buku dan harga jual. Nilai buku adalah biaya perolehan yang telah dikurangkan dengan akumulasi penyusutan. Harga jual adalah nilai yang disepakati untuk melakukan pertukaran aset dengan kas atau setara kas.

    Cara memasukkan saldo awal aset tetap dan biaya penyusutan di accurate mempertimbangkan tanggal pemakaian dan tanggal pembelian. Biaya perolehan berasal dari seluruh transaksi pengeluaran perusahaan untuk mempersiapkan sebuah aset agar dapat digunakan produksi atau kegiatan sewa menyewa.

    Langkah-langkah memasukkan saldo awal aktiva tetap terlebih dahulu mempersiapkan kategori berdasarkan ketentuan perpajakan. Adanya aktiva pajak tangguhan dan kewajiban pajak tangguhan mengakibatkan selisih dalam perhitungan laba rugi fiskal. Adapun input aktiva tetap baru accurate sebagai berikut

  • Pilih menu aktiva tetap untuk melakukan inventarisasi.
  • Cara Input Saldo Awal dan Pembelian Aktiva Tetap di Accurate Online
  • Isilah informasi tentang aset seperti akun penampung aset, biaya perolehan dan biaya penyusutan
  • Cara Input Saldo Awal dan Pembelian Aktiva Tetap di Accurate Online
  • Atur sumber daya untuk memperoleh aset tersebut.
  • Cara Input Saldo Awal dan Pembelian Aktiva Tetap di Accurate Online

    Baca Juga: Pertanyaan Pengujian Substantif dan Compliant Aktiva Tetap

    Demikian cara memasukkan saldo awal aktiva tetap dan akumulasi penyusutan di accurate semoga dapat membantu materi komputer akuntansi. Adanya sistem pengendalian internal kas dan setara kas mengakibatkan pembatasan sumber daya alam yang ada di perusahaan untuk kegiatan produksi.

    0 Response to "Cara Memasukkan Saldo Awal Aktiva Tetap dan Akumulasi Penyusutan di Accurate"

    Post a Comment

    Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel