Contoh Kasus Pemeriksaan Ekuitas Perseroan Terbatas

Konten [Tampil]

Contoh kasus pemeriksaan ekuitas perseroan terbatas menjadikan akuntan publik dapat mengetahui kewajaran saldo modal yang dimiliki para pemegang saham. Contoh soal dan jawaban audit modal disetor tentunya menjadi kewajiban perusahaan kepara pemilik modal untuk mendapatkan laba tahun berjalan.

Contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan ekuitas pemegang saham menjadikan bagian dari kekayaan pemilik modal setelah dikurangi kewajiban. Apabila perusahaan berbentuk perusahaan perseorangan maka tambahan kekayaan berasal dari penambahan modal, pengurangan kekayaan berasal dari pengambilan prive atau kerugian yang ditanggung perusahaan.

Prosedur audit dan tujuan pemeriksaan ekuitas perseroan terbatas perlu memperhatikan adanya akta pendirian dan jumlah modal disetor dan modal ditempatkan. Ekuitas adalah hak pemilik modal setelah dikurangi pembayaran hutang jangka panjang dan hutang jangka pendek.

Contoh Kasus Pemeriksaan Ekuitas Perseroan Terbatas


Transaksi Yang Mengakibatkan Perubahan Terhadap Modal Perusahaan

Transaksi yang mengakibatkan perubahan terhadap modal perusahaan tentu dapat menambah dan mengurangi jumlah masing-masing hak milik atas kekayaan perusahaan. Seluruh kekayaan perusahaan dikurangi kewajiban adalah modal atau ekuitas. Modal menjadi bagian dari alasan mengapa perusahaan didirikan.

Transaksi yang mengakibatkan modal perusahaan bertambah adalah adanya agio saham, adanya pembelian saham kembali, adanya kurs terhadap modal disetor, adanya penilaian kembali aktiva tetap dan saldo sisa laba tahun lalu. Akta pendirian dan jumlah modal disetor dan jumlah modal dasar menjadi faktor penting dalam menentukan ekuitas yang tertanam di perusahaan.

Transaksi yang mengakibatkan modal perusahaan berkurang adalah penjualan aktiva tetap, rugi tahun berjalan, adanya kerugian selisih kurs dan pengambilan pribadi (prive). Kasus pemeriksaan ekuitas perseroan terbatas perlu memperhatikan terjadinya pembalian saham kembali (treasury stock) atau penambahan modal bukan dalam bentuk uang.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengaudit Persediaan Barang Dagang

Contoh Soal dan Jawaban Audit Pemeriksaan Ekuitas Pemegang Saham

Contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan ekuitas pemegang saham menjadi transaksi yang jarang terjadi setiap tahun karena penambahan modal dan pengurangan modal biasanya terjadi karena adanya laba rugi tahun berjalan. Modal saham perusahaan terdiri dari saham preferen, saham biasa dan agio saham pemilik modal.

Contoh soal audit pemeriksaan ekuitas pemegang saham harus diawali dengan memeriksa akta pendirian. Pertanyaan pemeriksaan modal pemilik saham dapat bergantung pada jenis usaha yaitu perusahaan perseorangan, firma atau persekutuan dan perseroan terbatas.

Contoh kasus pemeriksaan terkait modal/ekuitas terjadi pada PT Masrafi yang melaporkan jumlah modal akhir 2020 sebesar Rp 500.000.000 yang berasal dari jumlah modal awal Rp 300.000.000, laba tahun berjalan Rp 300.000.000, pembayaran biaya listik sebesar Rp 4.000.000, pembayaran stp pph pasal 21 sebesar Rp 56.000.000 dan pembayaran skp pph badan sebesar Rp 40.000.000. Buatlah audit adjustment yang diperlukan.

Baca Juga: Contoh Kasus Pemeriksaan Perkiraan Laba Rugi Tahun Berjalan

Contoh Kertas Kerja Pemeriksaan Ekuitas Modal

Contoh kertas kerja pemeriksaan ekuitas modal pemegang saham diawali dengan memeriksa jumlah modal dasar yang tercantum dalam akta pendirian. Pembelian kembali saham atau treasury stock akan mempengaruhi agio dan disagio saham yang dimiliki perusahaan, akuntan publik harus dapat mendeteksi penyebab bertambahnya modal dan berkurangnya modal.

Contoh kertas kerja pemeriksaan ekuitas pemegang saham menjadi transaksi yang jarang terjadi sehingga pemeriksaannya lebih cepat. Hak pemilik perusahaan atas kekayaan aset perusahaan disebut modal atau ekuitas. Prive adalah pengambilan modal pemilik perusahaan sehingga akan mengurangi jumlah modal disetor.

Kertas kerja pemeriksaan modal disetor pemilik perusahaan seharusnya terdapat izin yang diperlukan untuk mencatat perubahan modal dan struktur permodalan perusahaan. Pengendalian internal atas ekuitas akan memungkinkan perusahaan dapat terhindar dari pengurangan jumlah modal disetor tidak terotorisasi.

KAP Masraffi
Kertas Kerja Pemeriksaan
Jumlah Modal AwalRp300.000.000
+ Laba Tahun BerjalanRp300.000.000
- Pembayaran STP PPh 21-Rp56.000.000
- Pembayaran SKP PPh Badan-Rp40.000.000
- Pembayaran Listrik-Rp4.000.000
Jumlah Modal AkhirRp500.000.000
Audit AdjustmentRp4.000.000
Jumlah Modal Akhir AuditorRp504.000.000

Maka akuntan publik harus menyesuaikan salah saji material yang terdapat dalam laporan keuangan dengan mengusulkan jurnal penyesuaian dalam bentuk audit adjustment sebagai berikut.

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2020KasRp4.000.000
Modal PT MasraffiRp4.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Audit Liabilitas Jangka Pendek

Berikut video tentang bagaimana cara akuntan publik melakukan pemeriksaan terkait ekuitas modal pemilik saham.



Demikian contoh kasus pemeriksaan ekuitas perseroan terbatas semoga dapat membantu memahami tujuan audit dan prosedur pemeriksaan modal/ekuitas perusahaan.

0 Response to "Contoh Kasus Pemeriksaan Ekuitas Perseroan Terbatas"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel