Contoh Soal dan Jawaban Audit Kas dan Setara Kas

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban audit kas dan setara kas menjadi pos laporan keuangan yang memiliki risiko bawaan. Praktikum audit pemeriksaan kas dan setara kas dapat berupa pemeriksaan terhadap pencatatan rekonsiliasi bank atau proses pengakuan dan pencatatan transaksi kas.

Pertanyaan tentang pemeriksaan kas dan setara kas akan berkaitan dengan pembayaran dan penerimaan penjualan dari customer. Pengendalian internal kas dan setara kas harus dilakukan guna mencegah manipulasi data karena kas mudah untuk diselewengkan oleh karyawan.

Contoh kertas kerja pemeriksaan kas dan setara kas akan membutuhkan bukti audit yang cukup dan tepat tentang kebenaran transaksi di laporan keuangan. Pengendalian internal kas dan setara kas diperlukan guna memperkecil kemungkinan terjadinya kecurangan dan penyelewengan uang yang dimiliki perusahaan.

Contoh Soal dan Jawaban Audit Kas dan Setara Kas


Pengendalian Internal Kas dan Setara Kas

Pengendalian internal kas dan setara kas akan memperkecil resiko penyelewengan dana kas perusahaan. Kas adalah alat pembayaran yang dapat digunakan secara langsung untuk memenuhi kebutuhan umum perusahaan sehingga harus dijaga karena mengandung risiko bawaan yang tinggi.

Pengendalian internal kas dan setara kas memiliki sifat likuid karena dapat digunakan untuk membayar tagihan dalam jangka pendek. Kas terdiri dari kas di perusahaan dan rekening giro sehingga memudahkan perusahaan untuk melakukan pembayaran dalam nominal yang besar.

Pengendalian internal kas dan setara kas hendaknya dijalankan dengan baik dengan memilih sumber daya manusia yang kompeten dan berintegritas. Internal control kas dan setara kas dapat berupa penggunaan metode imprest dalam mengelola kas kecil perusahaan.

Baca Juga: Akibat Jeleknya Pengendalian Internal Kas di Perusahaan

Pertanyaan Tentang Pemeriksaan Kas dan Setara Kas

Pertanyaan tentang pemeriksaan kas dan setara kas akan menghubungkan informasi tentang pengendalian internal perusahaan. Apakah seluruh penerimaan dan pengeluaran telah dicatat, dilaporkan dan menjadi transaksi yang benar-benar terjadi diperusahaan sebagai asersi manajemen.

Pertanyaan tentang pemeriksaan kas dan setara kas berhubungan dengan prosedur pemeriksaan dan tujuan pemeriksaan. Prosedur pemeriksaan kas dan setara kas harus menyesuaikan dengan pemahaman dan evaluasi pengendalian internal yang ada di perusahaan.

Pertanyaan tentang pemeriksaan setara kas dan kas tentunya harus dilakukan dengan teliti untuk menghindari adanya windows dressing dan kitting. Auditor dapat mengirimkan konfirmasi kepada pihak ketiga untuk memeriksa kebenaran dari rekening giro yang dimiliki perusahaan.

Baca Juga: Apakah Faktur Pajak Pengganti Bisa Diganti Lagi

Contoh Soal dan Jawaban Audit Kas dan Setara Kas

Contoh soal dan jawaban audit kas dan setara kas akan mempermudah proses pemeriksaan akuntan publik. Kas dan setara kas harus disajika dengan tepat pada laporan keuangan karena akan menyangkut masalah pengambilan keputusan berkaitan dengan laporan keuangan tahunan perusahaan.

Contoh soal dan jawaban audit kas dan setara kas terjadi pada PT Masraffi yang memiliki kas dalam bentuk valuta asing sebesar $450 dan terdapat nilai beli sebesar Rp 12.400 dan nilai jual Rp 12.850. Laporan keuangan perusahaan menunjukan bahwa nilai kas valuta asing sebesar Rp 5.000.00, buatlah audit adjustment yang harus dilaporkan?

Contoh soal dan jawaban audit kas dan setara kas dapat dibuatkan audit adjusment untuk menyesuaikan keadaan yang terjadi diperusahaan. Adapun langkah membuat audit adjusment sebagai berikut ini.

Kas yang Diakui KlienRp5.000.000
Kas yang SebenarnyaRp5.681.250

Maka, Jurnal audit adjusment yang harus dibuat adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2020KasRp681.250
Laba Selisih KursRp681.250

Baca Juga: 10 Standard Auditing Yang Berlaku Umum

Demikian contoh soal dan jawaban audit kas dan setara kas semoga dapat membantu proses pemeriksaan akun kas dan setara kas yang dimiliki perusahaan klien.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Audit Kas dan Setara Kas"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel