Perbedaan FOB Shipping Point dan FOB Destination Point

Konten [Tampil]
Perbedaan fob shipping point dan fob destination point harus diketahui oleh penjual dan pembeli agar tidak terjadi masalah dalam pembayaran ongkos kirim atau biaya pengangkutan. Kelebihan dan kekurangan metode fob shipping point harus diketahui syarat dan ketentuan pengangkutan barang sampai ke alamat pembeli.

Fob shipping point adalah syarat penyerahan barang dimana biaya angkut barang menjadi tanggungjawab penjual sebatas sampai ke pelabuhan. Dalam transaksi jual beli ditetapkan syarat fob destination point artinya barang akan diangkut menggunakan kendaraan sewa darat seperti mobil van.

Perbedaan fob shipping point dan fon destination point metode perpetual dan metode fisik dapat disesuaikan dengan kebijakan akuntansi yang berlaku di perusahaan. Pengakuan pendapatan dengan FOB shipping point dan fob destination point harus dilakukan dengan metode akrual. FOB shipping point artinya ongkos kirim barang akan ditanggung penjual sampai ke pelabuhan terdekat.

Perbedaan FOB Shipping Point dan FOB Destination Point

Jelaskan Pengertian Franko Gudang Penjual atau Fob Shipping Point

Jelaskan pengertian franko gudang penjual atau fob shipping point adalah pembayaran biaya pengangkutan akan ditanggung penjual sampai ke pelabuhan terdekat dengan lokasi penjual dan pembeli akan menangung ongkos kirim sampai ke gudangnya sendiri.

Jelaskan pengertian franko gudang penjual atau fob shipping point adalah pengangkutan barang dari tempat penjual ke tempat pembeli dimana biaya pengiriman akan ditanggung secara bersama-sama antara penjual dan pembeli.

Dalam transaksi jual beli ditetapkan syarat fob destination point artinya ongkos kirim barang ke alamat pembeli akan ditanggung sepenuhnya oleh penjual. Kelebihan dan kekurangan fob shipping point berkaitan dengan harga produk yang ditawarkan oleh perusahaan penjual sebab adanya fitur gratis ongkir tersebut.

Syarat Penyerahan Barang Metode FOB Shipping Point dan FOB Destination Point

Sebutkan dan jelaskan syarat penyerahan barang fob shipping point dan fob destination point pada dasarnya sama sebab penjual harus membayar biaya ongkos kirim ke alamat pembeli. FOB kepanjangan dari free on board

Fob shipping point dan destination point harus menyerahkan barang sesuai dengan perjanjian antara kedua perusahaan. Fob tujuan dan titik pengiriman bergantung kepada status kepemilikan barang yang dipesan oleh pembeli.

Fob shipping point mengasumsikan bahwa pembeli telah menjadi pemilik barang pada saat barang sudah sampai ke pelabuhan terdekat. FOB destination point mengasumsikan bahwa penjual masih menjadi pemilik barang sebelum barang sampai ke alamat penerima.

Pengakuan Pendapatan dengan FOB Shipping Point dan FOB Destination Point

Pengakuan pendapatan dengan fob shipping point dan fob destination point dapat berupa pertanyaan pilihan ganda dan soal essay. Fob shipping point adalah syarat penyerahan barang dimana beban angkut barang menjadi tanggungjawab penjual dan pembeli.

Contoh soal fob shipping point terjadi pada PT rafinternet yang membayar biaya pengangkutan kepada CV Masraffi sebesar Rp 40.000.000 untuk mengirimkan barang jadi ke kalimantan. Buatlah jurnal pengakuan biaya ongkos kirim metode shipping point tersebut.

 Tanggal Keterangan Debit Kredit
31 Juli 2020 Persediaan Barang Dagang
   Kas
Rp 40.000.000
 

Rp 40.000.000

Demikian perbedaan fob shipping point dan destination point semoga anda paham dengan contoh soal pengakuan pendapatan dengan metode tersebut ya.

0 Response to "Perbedaan FOB Shipping Point dan FOB Destination Point"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel