Contoh Soal dan Jawaban Revaluasi Aset Tetap Beserta Jurnal

Konten [Tampil]
Contoh soal dan jawaban revaluasi aset tetap berkaitan dengan nilai wajar suatu aset yang melebihi nilai tercatatnya. Penyusutan aset tetap yang diukur dengan metode revaluasi dan eliminasi bergantung kepada kebijakan perusahaan. Makalah penilaian kembali (Revaluasi Aset Tetap) menjadi bagian penting dalam akuntansi keuangan lanjutan.

Contoh soal revaluasi aset tetap dan jawaban menjadi hal yang dilakukan perusahaan yang melakukan revaluasi aset tetap atau aktiva tetap. Aturan revaluasi aktiva tetap harus dipenuhi agar audit aset tetap dapat dijalankan dengan baik.

Cadangan dan contoh soal revaluasi aktiva tetap dapat menjadi metode yang digunakan perusahaan untuk menilai kembali aset tetap yang dimilikinya. Bagaimana revaluasi aset menurut ifrs harus dipenuhi agar berjalan dengan ketentuan yang berlaku.

Jelaskan mengapa revaluasi aset tetap tidak diperkenankan disebabkan akan mengubah nilai tercatat dan mempengaruhi masa ekonomis penggunaan aktiva tersebut. Revaluasi aset tetap dan pengaruhnya terhadap laporan keuangan dapat terjadi penyimpangan terhadap biaya perolehan atau harga pertukaran yang telah disajikan.

Jurnal revaluasi aset tetap harus disesuaikan dengan aturan pajak pph pasal 4 ayat 2 karena revaluasi termasuk salah satu objek pajak yang harus dibayar perusahaan. Makalah aset tetap berwujud 2 penilaian kembali akan menyangkut masalah revaluasi aset tetap tanah dan kendaraan.

Contoh Soal dan Jawaban Revaluasi Aset Tetap Beserta Jurnal

Contoh Soal dan Jawaban Revaluasi Aset Tetap Beserta Jurnal

Contoh soal dan jawaban revaluasi aset tetap dapat terjadi disemua jenis perusahaan. Perusahaan yang memiliki akuntabilitas publik harus perpedoman pada pernyataan standar akuntansi indonesia atau (PSAK). Perusahaan yang tidak memiliki akuntabilitas publik dapat berpedoman pada SAK-ETAP.

Contoh soal revaluasi aktiva tetap terjadi pada PT Masraffi yang pada tanggal 10 januari 2020 melakukan pembelian mesin sebesar Rp 500.000.000. Berdasarkan kebijakan perusahaan, mesin disusutkan selama 8 tahun. Pada tahun ketiga, perusahaan mengadakan penilaian kembali aktiva tetap senilai Rp 450.000.000.

Contoh soal dan jawaban penilaian kembali aset tetap dapat dikerjakan dengan membandingkan nilai wajar dengan nilai buku. Nilai wajar adalah harga aktiva tetap ketika dijual di pasar, sedangkan nilai buku adalah biaya perolehan dikurangi dengan akumulasi penyusutan ya.


Cara Menghitung Revaluasi Aktiva Tetap

Cara menghitung revaluasi aktiva tetap sesuai dengan contoh soal revaluasi aktiva tetap yang dapat dilakukan yakni dengan menghitung nilai buku terlebih dahulu ya kawan.

Adapun cara menghitung revaluasi aktiva tetap sebagai berikut ini.


Harga Perolehan  Rp  500.000.000
Umur Manfaat 8 Tahun
Akumulasi Depresiasi   Rp  187.500.000
Nilai Buku  Rp  312.500.000
Nilai wajar  Rp  450.000.000
Surplus Revaluasi  Rp  137.500.000
Baca Juga: Materi Revaluasi Aset Tetap: Surplus Revaluasi, Aturan dan Cadangan Revaluasi Aset Tetap

Bagaimana Revaluasi Aset Tetap Menurut IFRS dan PSAK

Bagaimana revaluasi aset tetap menurut IFRS? IFRS mengijinkan perusahaan untuk melakukan penilaian kembali aktiva tetap sebesar nilai wajarnya pada tanggal pelaporan. PSAK hanya digunakan oleh perusahaan yang memiliki pertanggungjawaban publik.

Bagaimana revaluasi aset tetap menurut IFRS dan PSAK dimana perusahaan yang memutuskan menggunakan kerangka revaluasi maka harus mengikuti prosedurnya. Apabila perusahaan yang menerapkan revaluasi aset tetap maka harus ditetapkan diseluruh aktiva tetap yang dimiliki perusahaan.

Perusahaan yang melakukan revaluasi aset tetap harus dilakukan sesuai dengan aturan cadangan revaluasi aset tetap. Bagaimana revaluasi aset tetap menurut ifrs? apabila diterapkan disatu aktiva tetap maka harus ditetapkan diseluruhkan laporan posisi keuangan ya.
Baca Juga: Contoh Soal Pertukaran dan Pelepasan Aktiva Tetap Beserta Jurnal Umum

Cadangan, Aturan dan Audit Revaluasi Aset Tetap

Cadangan revaluasi aset tetap dapat dilakukan perusahaan dengan menerapkan prinsip kehati-hatian terhadap laporan perusahaan. Aturan revaluasi aset tetap harus diterapkan terutama ketika perusahaan menggunakan revaluasi daripada proses eliminasi aset tetap ya.

Demikianlah contoh soal dan jawaban revaluasi aset tetap beserta jurnalnya semoga anda paham ya kawan

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Revaluasi Aset Tetap Beserta Jurnal"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel