Cara Cek Plagiarisme: Situs Plagiarisme Online Gratis

Konten [Tampil]
Cek Plagiarisme Gratis akan memudahkan anda agar mengetahui sampai dimana karya tulis ilmiah anda mengandung unsut plagiat atau sama dengan penulis yang lainnya. Plagiarisme sangat dilarang di dunia pendidikan karena melanggar hak cipta dari seorang penulis.

Cek Turnitin Online bisa jadi solusi untuk mengetahui tingkat similarity baik melalui sumber internet, jurnal bahkan publikasi online lainnya ya.


Apa Itu Plagiarisme 

Plagiarisme adalah sebuah tindakan dimana kita menuliskan sebuah kalimat yang merupakan kalimat orang lain tanpa menyertakan sumbernya. Plagiarisme secara umum sering disebut dengan "COPAS" atau copy paste. 
Untuk Cek Plagiarisme Indonesia Online Gratis membutuhkan beberapa software yang tentunya mengeluarkan uang untuk berlangganan. Akan tetapi ada beberapa situs yang memberikan layanan untuk mengetahui tingkat plagiasi skripsi online secara gratis, walaupun hasilnya tentu saja tidak maksimal. Pemerintah menyarankan beberapa universitas menggunakan software turnitin untuk mengetahui tingkat plagiat karya tulis ilmiah.
Baca Juga Cara Mengatur Margin di Microsoft Word 2007, 2010 dan 2013

Turnitin Free Account

Turnitin Free Indonesia adalah sebuah keyword yang sering digunakan oleh mahasiswa untuk mencari software karena kita diwajibkan untuk membayar ketika menggunakan aplikasi turnitin.

Untuk mendapatkan akun turnitin secara gratis anda bisa meminta kepada bagian IT di universitas anda, karena di beberapa universitas yang menerapkan penggunaan turnitin untuk mengecek karya tulis ilmiah mahasiswa seperti tesis dan skripsi menyediakan akun gratis untuk mahasiswa juga.

Cek Similarity Online terdiri dari tiga sumber yaitu sumber internet, sumber publikasi mahasiswa / jurnal dan sumber database dari universitas sebagai pemilik utama akun turnitin.
Baca Juga  Cara Membuat Rumus Matematika di Microsoft Word 2007, 2010 dan 2013

Situs untuk Cek Plagiarisme secara Akurat

Situs cek plagiarisme gratis selain turnitin akan memberikan anda kemudahan agar dapat melakukan pengecekan tingkat similarity. Oleh karena layanan cek turnitin online ini diberikan secara gratis maka anda akan mendapatkan kelemahan dan kelebihannya masing-masing. 

Situs cek plagiarisme online gratis sebagai berikut ini.
  • CopyScape
CopyScape merupakan website utama untuk melakukan pengecekan konten secara online, terutama konten yang bersumber dari internet. Kelebihan situs ini adalah anda akan diberikan alamat situs yang serupa dengan tulisan anda, dan kekurangannya adalah anda dalam waktu sebulan hanya diperbolehkan mengecek sebanyak 10 kali saja.
  • EduBird
EduBird adalah salah satu website yang melakukan pengecekan secara kata demi kata dan tidak menggunakan paragraf. Mereka akan menandai kalimat anda yang sama dengan sumber yang mereka dapati yang berasal dari beberapa website, akan tetapi situs ini hanya menyediakan layanan pemisahan / exclude website sedikit dan tidak mengenal adanya daftar pustaka.
  • Plagiarismdetector
Plagiarismdetector dapat melakukan pengecekan secara akurat, mereka menggunakan sistem pengecekan berdasarkan kata yang dipergunakan sehingga jangan heran kalau anda mendapatkan tingkat similarity yang tinggi.
  • Quetext.
Quetext adalah salah satu situs yang menerapkan sistem seperti sistemnya turnitin, sebagai seorang mahasiswa saya mengajurkan anda menggunakan layanan ini karena layanan ini akan mengecek secara paragraf. Pengecekan secara paragraf akan memperkecil rasio similarity anda. Kekurangannya adalah anda hanya bisa melakukan pengecekan terhadap 1000 kata persekali submit dan anda hanya dapat menggunakannya sebanyak 5x per akun.
Baca Juga Cara Membuat Tanda Centang di Microsoft Word
  • SeoSmallTools.
Situs terakhir adalah seosmalltools, situs ini akan melakukan pengecekan terhadap tulisan anda dan anda bisa melakukan replace secara gratis dengan kata yang sekiranya mengandung plagiarisme. Untuk anda yang malas mengubah karya lagi, anda bisa menggunakan layanan ini.

Cara Cek Turnitin Online Gratis

Cara cek turnitin online gratis dapat anda lakukan melalui langkah-langkah dibawah ini.

Pertama, anda dapat mengunjungi salah satu dari situs diatas, saya akan mencontohkan dari edubird.
Cara Cek Plagiarisme

Lalu anda dapat mempastekan tulisan anda dan anda pilih web site content, karena sumber internet pada turnitin akan menghasilkan rasio yang tinggi maka anda harus mencari sumber utamanya di internet saja.

Cara Cek Plagiarisme

 Setelah itu, ada dapat memilih Check My Essay dan tunggu systemnya bekerja ya.

Cara Cek Plagiarisme

 Cek Similarity Online menghasilan angka seperti digambar, semakin besar rasio maka semakin baik tulisan anda dan tidak ada yang menyamai tulisan anda.

Cara Cek Plagiarisme

Demikianlah cara cek plagiarisme indonesia secara online melalui akun turnitin, semoga anda paham ya.

0 Response to "Cara Cek Plagiarisme: Situs Plagiarisme Online Gratis"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel