Contoh Soal Economical Order Quantity (EOQ) dan Jawabannya

Konten [Tampil]
Contoh soal eoq dan jawabannya pdf akan memberikan informasi mengenai pertanyaan pengertian economical order quantity yang bergantung kepada biaya set-up dan biaya storage. Contoh soal eoq dan grafiknya tentu akan membahas pula mengenai tabel yang diperlukan ya.

Contoh soal eoq dengan diskon akan menjelaskan pengaruh diskon terhadap economical order quantity. Cara menghitung reorder point dan safety stock diperlukan pihak gudang agar dapat melakukan pembelian secara maksimal. Terdapat beberapa jenis biaya yang diperlukan untuk menghitung eoq seperti biaya set-up cost dan carrying cost

Contoh Soal Economical Order Quantity (EOQ) dan Jawabannya

Pengertian Economical Order Quantity, Set-up Cost dan Storage Cost.

Pengertian economical order quantity adalah jumlah barang minimal yang harus dapat dibeli untuk menjadikan pembelian barang secara optimal. Agar dapat menentukan jumlah pembelian barang optimal maka perusahaan harus memperhatikan biaya variabel seperti biaya penyediaan persediaan barang tersebut.

Biaya variabel dari economical order quantity (EOQ) terdiri dari biaya yang berubah sesuai frekuensi pesanan dan biaya yang berubah sesuai besarnya rata-rata persediaan. 

Pengertian Biaya Procurement atau Set-Up Cost

Procurement cost sering disebut set-up cost adalah biaya yang akan berubah menyesuaikan dengan frekuensi pesanan yang terjadi. 

Contoh biaya set-up atau procurement cost diantaranya sebagai berikut ini.
  1. Biaya proses persiapan.
  2. Biaya pengiriman pesanan
  3. Biaya penerimaan barang yang akan dipesan
  4. Biaya processing pembayaran.
Semakin kecil permintaan barang yang dibeli maka semakin kecil biaya set-up.

Pengertian Biaya Storage atau Carrying Cost

Carrying cost sering disebut storage cost adalah biaya yang akan berubah menyesuaikan besarnya inventory yang akan disimpan dalam gudang. Agar dapat menentukan biaya penyimpanan yang ideal maka sebaiknya harus ditentukan berdasarkan "average inventory" yang dinyatakan dalam rupiah dari nilai tersebut.

Contoh biaya storage atau carrying cost adalah sebagai berikut
  1. Biaya sewa gedung
  2. Biaya pemeliharaan barang rusak.
  3. Biaya asuransi
  4. Biaya modal
  5. Biaya persediaan barang yang ada digudang.
Semakin besar permintaan barang yang dibeli maka semakin besar pula biaya penyimpan barang yang ada digudang.

Rumus Economical Order Quantity

Rumus economical order quantity dapat ditentukan dengan adanya diskon atau tanpa diskon menyesuaikan permintaan barang kepada pihak supplier. Adapun rumus EOQ yang berlaku sebagai berikut ini.

Rumus EOQ

Contoh Soal Economical Order Quantity dan Jawaban

Contoh soal economical order quantity dan jawabannya terjadi pada PT Rafinternet yang memiliki biaya penyimpanan sebesar 40% dari nilai rata-rata persediaan. Biaya pesanan yang terjadi sebesar Rp 15 untuk setiap kali pemesanan barang yang terjadi. Apabila jumlah material yang dibutuhkan selama satu periode adalah 1.200 unit dengan harga Rp 1 per unit tentunkan besarnya EOQ yang harus dipertahankan perusahaan.

Contoh Soal Economical Order Quantity (EOQ) dan Jawabannya

Contoh soal EOQ dengan diskon akan memberikan informasi bahwa pembelian paling ekonomis yang dilakukan perusahaan untuk setiap kali pembelian barang adalah 300 unit yang akan memenuhi kebutuhan perusahaan selama 1 tahun tersebut.
Demikianlah contoh soal economical order quantity semoga anda paham dengan penjelasan yang telah saya berikan ya.

0 Response to "Contoh Soal Economical Order Quantity (EOQ) dan Jawabannya"

Post a Comment

Saya mengundang Anda untuk Berdiskusi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel